PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS MAHASISWA S-1 PGSD UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

.

Salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar konsentrasi Akademisi adalah riset dan praktik pembelajaran PGSD. Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswanya melaksanakan praktik pembelajaran di perguruan tinggi yang memiliki program studi S-1 PGSD. Berbeda dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang ditempuh saat S-1 dulu, program riset dan praktik ini selain mahasiswa praktik dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah, mahasiswa juga melaksanakan riset.

Program dari mata kuliah riset dan praktik pembelajaran ini dilaksanakan di PGSD Universitas PGRI Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan PGRI 1 Sonosewu No. 117, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Mahasiswa praktikan Pascasarjana Program Studi Pendiidkan Dasar berkesempaan melakukan riset dan praktik pembelajaran pada mata kuliah IPS 1 kelas A4-17 mahasiswa semester II. Mata kuliah tersebut diampu oleh Ahmad Agung Y.P, M.Pd merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa PGSD. Kelas A4-17 PGSD Universitas PGRI Yogyakarta memiliki mahasiswa berjumlah 39 mahasiswa, terdiri atas laki-laki sebanyak 13 mahasiswa dan perempuan sebanak 26 mahasiswa. Sebelum praktikan melaksanakan kegiatan riset dan praktik pembelajaran, mahasiswa melaksanakan observasi di kelas tersebut untuk mengenal mahasiswanya, mengetahui seperti apa karakteristik mahasiswanya, proses perkuliahannya, dan permasalahan apa saja yang terjadi selama proses perkuliahan berlangsung.

Pelaksanaan riset ini didasarkan pada temuan permasalahan yang diperoleh pada proses perkuliahan. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas dan hasil wawancara yang dilakukan bersama dengan dosen pamong maka permasalahan yang menjadi focus dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep mahasiswa yang kurang. Oleh karena itu praktikan mengadakan riset mengenai penerapan metode Two Stay Two Stray untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa kelas A4-17 PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

Model Two Stay Two Stray ini merupakan metode yang menempatkan mahasiswa dalam kelompok kecil yang beranggotakan empat orang. Kemudian mereka diberi tugas untuk membahas materi pelajaran bersama teman kelompoknya untuk selanjutnya mereka juga akan bertukar anggota untuk sementara guna saling membagikan hasil diskusi dan kerja kelompok untuk didiskusikan kembali dengan anggota kelompok lain, dengan demikian, struktur dua tinggal dua tamu ini akan memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil informasi kepada kelompok lainnya dengan begitu setiap mahasiswa dapat lebih memahami konsep IPS.

Pelaksanaan riset dan praktik ini selama 9 pertemuan dari bulan Maret 2018 sampai dengan Mei 2018. Hasil dari riset tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa kelas A4-17 PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

                                                                                               

                                                                                                                                                                                            Nia Widyawati Fitri Puspitarini

                                                                                                                                                                                            Pendidikan Dasar Kelas D, NIM 17712251077

                                                                                                                    Universitas Negeri Yogyakarta