Pembelajaran Kooperatif STAD bersama Mahasiswa Rombel 1 D PGSD Bantul UNY

Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah salah satu dari lembaga yang bertugas mencetak tenaga kependidikan yang profesional sesuai harapan masyarakat, bangsa dan negara. Oleh sebab itu Mahasiswa Pascasarjana UNY sebagai calon pendidik mempunyai tanggung jawab moral yang tidak ringan dalam rangka memenuhi harapan tersebut.

Seorang calon dosen atau pendidik menjalankan tugasnya perlu adanya seperangkat kompetensi keguruan. Untuk memperolehnya memerlukan suatu proses pembentukan melalui berbagai mata kuliah yang sudah diprogramkan, diantaranya mahasiswa wajib untuk mengikuti program mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Perguruan Tinggi. Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD terdiri dari tahapan riset dan dilanjutkan dengan praktik dalam pembelajaran di rombel program studi PGSD.

Pelaksanaan tugas Mata Kuliah Riset dan Pembelajaran yang diampu oleh Ibu Dr. Chistina Ismaniati,M. Pd. diawali dengan memilih lokasi tempat praktik, dengan proses yang cukup panjang masing-masing mahasiswa mencari sendiri lokasi dan salah satu lokasi yang digunakan adalah Prodi PGSD UNY. Selanjutnya, mahasiswa melanjutkan perkuliahan di kelas hingga pertemuan ke-5 dengan pembekalan penyusunan Rencana Perkuliahan Semester/RPS (silabus) dan Satuan Acara Perkuliahan/SAP (RPP) sebagai bekal dan persiapan untuk mengajar mahasiswa PGSD nantinya. Penerjunan dihadiri oleh pihak Pascasarjana, mahasiswa praktek dan pihak Prodi PGSD UNY. Mahasiswa praktek dibagi menjadi tiga kelompok untuk mengajar di kampus cabang UNY dan mendapat pembagian dosen pamong untuk mata kuliah yang menjadi konsentrasi masing-masing mahasiswa praktik.  

Tegar Pambudhi, mahasiswa praktik konsentrasi IPS didampingi oleh Ibu Safitri Yosita Ratri, S.Si, M.Pd, M.Ed. sebagai dosen pamong melaksanakan praktik di rombel 1D Kampus UPP Bantul UNY. Berdasarkan hasil observasi selama 2 minggu diperoleh bahwa pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar IPS yang diampu oleh Ibu Safitri sudah cukup baik. Praktikan sebelum melaksanakan pembelajaran terlebih dahulu berkoordinasi dengan dosen pamong agar terjadi sinkronisasi antara materi dan kolaborasi praktikan dan dosen pengampu mata kuliah (dosen pamong). Setelah berdiskusi dengan dosen pamong dan melihat permasalahan yang ada maka praktikan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktifitas mahasiswa.

Pelaksaan pembelajaran pada siklus pertama praktikan mengajarkan materi Individu, Masyarakat, dan Proses Sosial Budaya. Pada akhir pertemuan pertama praktikan meminta mahasiswa menuliskan masukan, saran dan kritik untuk pembelajaran selanjutnya. Diperoleh beberapa masukan yang cukup baik, seperti pemaparan materi diperlambat karena mahasiswa memerlukan waktu untuk menulis materi. Penyampaian materi juga memerlukan tambahan berupa tampilan audiovisual (video) yang mendukung materi dan tidak membosankan bagi mahasiswa. Perbaikan minggu selanjutnya praktikan mengakomodasi masukan mahasiswa dan melakukan inovasi penampilan materi yang sebelumnya menggunakan Power Point diubah dengan tampilan Mind Mapp menggunakan aplikasi Concept Draw Mind Mapp. Dari pertemuan kedua ternyata tanggapan mahasiswa lebih positif, ini dibuktikan dengan aktifitas mahasiswa bertanya dan mendengarkan penjelasan lebih baik.

Siklus berikutnya praktikan mengajarkan materi Kebutuhan Manusia dan Kegiatan Ekonomi. Dengan masih tetap mempertahankan strategi dan model seperti siklus pertama, praktikan juga menambahkan beberapa inovasi, contohnya dengan mengadopsi Model Talking Stick untuk menentukan giliran mahasiswa. Selain itu, praktikan juga mempersilakan mahasiswa untuk berdiskusi bersama kelompoknya di luar ruangan. Hal ini dimaksudkan untuk me-refresh pikiran mahasiwa. Penampilan hasil diskusi kelompok juga dilakukan di luar ruangan.

Riset Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan praktikan dimaksudkan untuk meningkatkan perhatian dan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar IPS pada rombel 1 D Kampus UPP Bantul UNY. Dari hasil pengamatan proses pembelajaran Kooperatif model STAD yang dilaksanakan praktikan, diperoleh hasil peningkatan aktivitas mahasiswa. Dalam praktik pembelajaran sebagai aplikasi pelaksanaan riset, praktikan sebagai calon pendidik juga melakukan evaluasi dan introspeksi pembelajaran yang telah dilakukan. Karena sebelumnya praktikan belum pernah mengajar mahasiswa, ini merupakan hal baru dan tantangan yang harus dilewati praktikan sebagai konsentrasi akademisi. Tujuan mata kuliah Riset dan Praktek Pembelajaran PGSD pada dasarnya adalah mempersiapkan diri praktikan sebagai calon dosen dalam situasi pembelajaran di kelas menghadapi mahasiswa. Ucapan terimakasih praktikan ucapkan kepada Ibu Dr. Chistina Ismaniati,M. Pd. dan Ibu Safitri Yosita Ratri, S.Si, M.Pd, M.Ed. atas bimbingan, kesabaran serta dukungan bagi praktikan dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan mata kuliah ini. Tidak lupa praktikan sampaikan ucapan terimakasih kepada mahasiswa rombel 1 D angkatan 2015 Kampus UPP Bantul UNY, semoga sukses untuk kita semua, aamiin. Tegar Pambudhi/14712251045 Dikdas Rombel B 2014