You are here

Pembelajaran Berbasis Masalah Melatih Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi

Proses belajar merupakan proses pemerolehan pengetahuan-pengetahuan baru terutama bagi anak tentunya proses belajar menjadi sangat penting. Anak sekolah dasar berada pada masa perkembangan operasional konkret dan awal dari operasi formal yang ditandai oleh kemampuan berfikir konkret yang mengarah berkembangnya berfikir abstrak yang terbatas. Sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013 yang menekankan pada pembelajaran tematik terpadu. Dalam kurikulum 2013 tematik terpadu ini lebih memperhatikan pada tingkat perkembangan anak yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat anak yang diharapkan akan menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi anak.

Praktek mengajar yang dilaksanakan di SD Negeri Lempuyangwangi yang sudah menggunakan kurikulum 2013 tematik terpadu. Praktek dilaksanakan di kelas IVC dengan  mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan menyenngkan bagi siswa. Pemilihan model serta metode pembelajaran tersebut disesuaikan dengan karakteristik kelas dan materi yang diajarkan. Dalam pelaksanaan praktek, praktikan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan menekankan pemikiran kreatif dan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Pembelajaran tidak hanya terfokus pada materi pelajaran namun pembelajaran juga dilaksanakan dengan permainan-permainan yang dilakukan secara berkelompok yang mampu merangsang tingkat berfikir tinggi pada siswa atau yang disebut dengan HOTS (Higher Order Thinking Skills). Melalui tingkat berfikir tinggi, siswa diharapkan mampu berfikir kritis dan lebih peka terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi serta keselurahan dapat melibatkan proses berfikir untuk memecahkan masalah, menerapkan pengetahuan yang dimilikinya..

Pembelajaran berlangsung dengan sangat menyenangkan terlihat dari seluruh siswa yang belajar dengan gembira dan tanpa terbebani dengan materi pelajaran. Selain melakukan diskusi kelompok terkait pemecahan masalah, siswa juga menciptakan sebuah produk sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam bentuk poster yang dapat mengajak orang lain untuk menjaga kelestraian alam sesuai materi yang dipelajari.

Aqila Darmata Synta - Mahasiswa Dikdas 2016

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)