You are here

Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Ecotourism dan Forum dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Mahasiswa

Doc. Talkshow Nasional Kemenpora, Yogyakarta, 26 November 2016.

Urgensi dari proses pembelajaran adalah kemampuan untuk memfasilitasi kebutuhan peserta didik baik dalam ranah kognitif, psikomotor maupun afektif. Pengajar sebagai motor penggerak pelaksanaan roda  pembelajaran dituntut mampu mengasah sumber belajar sebagai materi dan mengasuh kebutuhan peserta didik untuk mengembangkan segala potensi. Hal ini yang melatarbelakangi  peneliti sekaligus praktikan Novita Ardiyansari mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar Pacasarjana UNY melakukan kuliah Riset dan Praktikum PGSD yang diampu oleh Dr. Ali Mustadi, M. Pd di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Program Studi PGSD. Sebagai materi pembelajaran, praktikan  menggunakan video pembelajaran berbasis ecotourism untuk meningkatkan pemahaman konsep dan melibatkan mahasiswa dalam forum Talkshow Nasional “Gelar Karya Wirausaha Muda” yang diadakan pada 26 November 2016 di Sahid Raya Hotel Yogyakarta oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga  untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

Keikutsertaan mahasiswa dalam forum Talkshow Nasional “Gelar Karya Wirausaha Muda” merupakan tahap akhir praktikum pembelajaran dari pendekatan Discovery Learning yaitu generalisasi. Diharapkan dari kegiatan yang menghadirkan langsung narasumber diantaranya Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor Universitas Gadjah Mada, Vania Santosa Inovation Lab. UNICEF Indonesia, Angki Yudistia founder Thisable Enterprise Indonesia, mahasiswa mampu termotivasi dalam menyerap pengetahuan baru dan yang tidak kalah penting adalah mengasah keterampilan bersosialisasi dalam berbagai forum.

Pengembangan produk sumber pembelajaran berbasis ecotourism berupa video pembelajaran sebagai irisan produk tesis digunakan praktikan sebagai sumber pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan IPS Terpadu mahasiswa  Kelas B Semester 3 PGSD UST. Ecotourism merupakan paradigma pengembangan wisata yang bertanggungjawab, yaitu menjembatani potensi alam dengan kebutuhan wisatawan dalam hal ini pelajar yang dilakukan di Kawasan Konservasi Hutan Mangrove Baros Bantul. Diharapkan dengan menggunakan video pembelajaran berbasis ecotourism ini pemahaman konsep materi mahasiswa akan lebih simultan, sehingga tidak hanya mengetahui sebatas tataran teori saja, akan tetapi membekali mereka nantinya dalam hal aplikasi ketika sudah terjun menjadi guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)