Pelatihan Penyusunan Authentic Assessment bagi Guru se-Kecamatan Jetis, Bantul

Pada hari Sabtu tanggal 8 dan 15 Agustus 2015, Program Studi Pendidikan Dasar (Dikdas) S2 mengadakan pelatihan penyusunan perangkat Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif bagi guru SD se-Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Kegiatan tersebut merupakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) sebagai wujud pengabdian Program Pascasarjana UNY dalam dunia pendidikan. Pelatihan ini dilaksanakan di SD Jetis UPT PPD Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Pelaksanaan pelatihan berlangsung pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Pelatihan penyusunan perangkat Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif ini bertujuan untuk membantu dan membina guru-guru di Kecamatan Jetis dalam pembuatan  perangkat Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif.

Hari pertama kegiatan pada tanggal 8 Agustus 2015, kegiatan pelatihan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dan dibuka oleh Dr. Muhammad Nur Wangid, M. Si yang diawali dengan penyampaian tujuan dilaksanakan pelatihan tersebut dan agenda yang akan dilaksanakan dalam 2 hari kegiatan pelatihan tersebut. Setelah acara dibuka oleh Dr. Muhammad Nur Wangid, M. Si, selanjutnya Beliau menyampaikan materi tentang permasalahan implementasi kurikulum. Materi kedua tentang pembelajaran tematik integratif untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berkualitas yang disampaikan oleh Dr. Ali Mustadi, M. Pd. Materi yang ketiga disampaikan oleh Dr. Harun Rasyid, M. Pd yang menjelaskan tentang Authentic Assessment. Setelah pemaparan materi, peserta pelatihan diberi kesempatan untuk bertanya dan menceritakan pengalaman yang terjadi di lapangan terkait dengan Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif. Kegiatan selanjutnya pembagian kelompok peserta untuk berdiskusi dalam pembuatan Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif yang selanjutnya akan dilanjutkan di pertemuan berikutnya.

Pertemuan berikutnya yaitu workshop yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 15 Agustus 2015, kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diawali dengan diskusi tentang proses pembuatan Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif antar peserta dengan pemateri. Setelah berdiskusi, perwakilan peserta menyampaikan hasil pekerjaannya kemudian mendapatkan masukan dari pemateri. Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi proses pembuatan Authentic Assessment pada pembelajaran tematik integratif. Kegiatan diakhiri dengan kesimpulan dan ditutup oleh Dr. Harun Rasyid, M. Pd.

(Ratna Sari Agustina)