MODEL PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI DAYA TARIK UNTUK PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Mata Kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD yang ditempuh pada semester 2 Program Studi Pascasarjana Pendidikan Dasar UNY ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta pada mahasiswa PGSD Semester 6 kelas D. Mata kuliah yang diampu oleh bapak Dr. Ali Mustadi, M.Pd. merupakan salah satu mata kuliah yang memberikan bekal dan pengalaman langsung di lapangan terkait kegiatan perkuliahan yang diselenggarakan di PGSD UMS.

Praktikan memulai kegiatan riset dengan melakukan observasi pada aktivitas pembelajaran di kelas dan wawancara dengan dosen pamong yang mengampu Mata Kuliah Kajian Kurikulum IPS SD. Dari hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran belum maksimal yang ditunjukkan dengan antusias mahasiswa masih kurang, mahasiswa masih kebingungan memahami materi yang disampaikan dosen sehingga kemampuan berpikir kritis mahasiswa belum terlihat. Berdasarkan fakta tersebut praktikan menawarkan penggunaan Model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa kelas 6D PGSD UMS. Model Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang memberdayakan siswa untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman baru berdasar pengalamannya melalui berbagai presentasi. Model ini juga mengharapkan mahasiswa dapat menyusun sebuah proyek diakhir perkuliahan berupa RPP

Hasil dari pembelajaran dengan menggunakan Model Project Based Learning ini lebih baik dari model pembelajaran yang digunakan sebelumnya. Melalui model pembelajaran ini kemampuan berpikir kritis mahasiswa mulai terlihat. Hal ini dapat dilihat melalui hasil nilai pre-test dan post-test yang diberikan kepada mahasiswa. Selain itu antusias mahasiswa sudah mulai terlihat dan mulai berani menyampaikan pendapatnya di kelas. Oleh karena itu Model Project Based Learning merupakan inovasi yang dilakukan pada mata kuliah Kajian Kurikulum IPS SD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

 

Kurniasari Widiyaningrum - Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Dasar - 2016

kurniasari715@gmail.com