Mini Story Book Pemantik Siswa Bercerita

Dalam rangka melaksanakan tugas mata kuliah Praktik Pembelajaran SD yang diampu oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M. Pd., prodi Pendidikan Dasar kelas konsentrasi praktisi 2016 melaksanakan praktik pembelajaran di SD N Lempuyangwangi. Pada kegiatan praktik pembelajaran ini, mahasiswa dituntut untuk mengembangkan dan memberikan inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Salah satu inovasi pembelajaran yang telah dilakukan adalah penggunaan mini story book buku bumi di kelas III C SD N Lempuyangwangi sebagai upaya untuk melatih kemampuan bahasa lisan siswa yaitu bercerita.

Mini story book buku bumi sejatinya sudah ada di Kurikulum 2013 kelas III tema 8 subtema 3 pembelajarn ke-6. Akan tetapi dalam buku Kurikulum 2013 tersebut hanya disebut buku bumi, sehingga praktikan menambahkan menjadi mini story book buku bumi karena bentuknya yang kecil dan berisikan gambar dengan kalimat pendek. Meskipun begitu, praktikan merasa bahwa penggunaan mini story book buku bumi ini bisa dikembangkan lebih lanjut karena praktikan merasakan sendiri bagaimana siswa kelas rendah mampu bercerita dengan lancar jika di dukung oleh media yang sesuai. Hal ini dikarenakan anak usia SD kelas rendah terkadang masih banyak yang belum berani menyampaikan gagasan atau ide yang dimilikinya, sehingga mereka membutuhkan media sebagai alat bantu dalam berbahasa lisan.

Mini story book buku bumi yang memiliki konsep seperti cerita bergambar ini  bisa dijadikan salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran karena mampu mengembangkan kemampuan berbahasa lisan siswa, melatih siswa untuk terampil berbicara serta menciptakan suasana kelas yang lebih menarik dan menyenangkan. Penggunaan mini story book juga akan mengasah kepercayaan diri, keberanian, dan kreativitas siswa. Hal ini jika dilatih oleh guru secara berkala, maka dapat meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa dengan baik sehingga pada tahap-tahap selanjutnya siswa dengan mudah mampu menyampaikan ide gagasan dan pendapatnya tanpa rasa malu dan gugup.

 

Umi Laila Fadlilah, S. Pd. - Pendidikan Dasar 2016