You are here

Mind Map, Metode untuk Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa

Belajar merupakan sebuah proses yang terus menerus tiada henti, mulai dari kita lahir hingga liang lahat. Prinsip itu diwujudkan dalam upaya manusia belajar melalui pendidikan formal maupun nonformal. Pendidikan di perguruan tinggi tidak terlepas dari proses pembelajaran dan interaksi antara mahasiswa dan dosen. Dalam rangka memfasilitasi mahasiswa prodi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UNY sebagai calon dosen untuk mengaplikasikan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan maka diadakan riset dan praktik pembelajaran. Riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh setiap mahasiswa Pendidikan Dasar yang dilaksanakan pada semester II. Praktikan melaksanakan riset dan praktik pembelajaran PGSD di kelas II D PGSD Universitas Negeri Yogyakarta.

Mahasiswa praktikan yang berasal dari konsentrasi akademisi Ilmu Pengetahuan Sosial diberi kesempatan untuk mengajar pada mata kuliah Pendidikan IPS SD. Pelaksanaan mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD didampingi dan dibimbing oleh dosen pamong yakni Dr. Anwar Senen, M.Pd. Selama melaksanakan praktik, praktikan melakukan inovasi dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi perkuliahan yang lebih menyenangkan dan bermakna. Praktikan menggunakan metode mind map pada perkuliahan. Melalui metode mind map, mahasiswa akan terlibat aktif mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, baik proses berpikir, bertanya, berdiskusi, dan lain-lain. Mahasiswa diharuskan terlibat langsung dalam proses penemuan pengetahuan. Penerapan metode mind map dalam proses perkuliahan diharapkan menjadikan mahasiswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran serta meningkatkan pemahaman konsep.

Melalui pre-test dan post-test yang diberikan kepada mahasiswa dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep. Peningkatan motivasi belajar juga dapat diketahui melalui skala pengukuran. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode mind map dapat meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan IPS SD.

 

Latifah Prihandini
16712251043
Pendidikan Dasar

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)