You are here

METODE TALKING STICK SAAT BELAJAR? KENAPA TIDAK.

METODE TALKING STICK SAAT BELAJAR?

KENAPA TIDAK.

Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki dalam mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD. Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD diperoleh pada semester 2yang di ampu oleh dosen DR. Ali Mustadi, M.Pd.  Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan keilmuan yang telah diperolehnya kepada mahasiswa S1 PGSD dan melakukan penelitian (riset) sesuai dengan bidang akademisi.

Salah satu kampus yang digunakan sebagai tempat praktik pembelajaran adalah Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM). Pada observasi awal, mahasiswa terlihat kurang berminat atau aktif dalam mengikuti perkuliahan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Hal ini terlihat dari beberapa mahasiswa yang tidak memperhatikan penjelasan dengan baik, serta banyak mahasiswa yang mengantuk di barisan belakang bahkan ada yang sampai tertidur. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keaktifan belajar mahasiswa adalah waktu perkuliahan yang berlangsung selama 3 jam 15 menit (4 SKS). Untuk dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa PGSD diperlukan metode belajar, salah satunya adalah penggunaan metode talking stick.

Selama praktik pembelajaran, mahasiswa tetap presentasi hasil riset kecil-kecilannya secara individu seperti yang telah diterapkan oleh dosen yang mengajar pada mata kuliah pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Namun ketika mahasiswa telah menyelesaikan hasil presentasinya musik akan berdering pertanda talking stick akan berjalan menuju berputar. Ketika musik berhenti maka mahasiswa yang terahir memesang talking stick maka dia berkewajiban untuk menjawab atau memberi tanggapan kepada teman yang presentasi.

Metode talking stick digunakan untuk meminta mahasiswa menjawa sehingga setiap mahasiswa memiliki kewajiban yang sama dalam memberi pertanyaan atau tanggapan . Mahasiswa pun memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Penggunaan model talking stick bertujuan untuk menumbuhkan kembali keaktifan belajar mahasiswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih berkesan dan menarik.

(Salfayana Putri Arita / S2 Dikdas D)

 

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)