Metode Practice Rehearsal Pairs (PRP), Dapat Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa kelas 2C

Pada bulan Februari terhitung tanggal 14 Februari 2018, mahasiswa S2 Pendidikan Dasar dari konsentrasi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Nur Aprilia Utami, S.Pd menjalankan riset dan praktik pembelajaran di Kampus UPP 2 Kampus Bantul. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran di PGSD merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa yang mengambil jurusan Akademisi Pendidikan Dasar S2 Universitas Negeri Yogyakarta. Matakuliah ini diampu oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M,Pd dan dilaksanakan dalam kurun waktu satu semester dengan bobot 3 SKS.

Riset dan praktik pembelajaran oleh Nur Aprillia Utami, S.Pd dilakukan pada mahiswa PGSD UPP 2 Bantul kelas 2C yang berjumlah 40 orang dengan mata kuliah “Pendidikan IPA” dengan 9 kali praktik yang terdiri dari 6 kali praktik terbimbing, 2 kali praktik mandiri dan 1 kali ujian. Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan IPA adalah Ibu Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Pd. Adapun materi yang disampaikan pada riset dan praktik pembelajaran pada matakuliah “Pendidikan IPA” antara lain: model-model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran IPA SD, Assesmen kognitif, Assesmen psikomotorik, Pembelajaran Saintifik pada Kurikulum 2013, RPP Kurikulum 2013, dan Simulasi Pembelajaran pada Kurikulum 2013.

Dalam riset dan praktik pembelajaran aprilia menerapkan merode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (PRP) dengan tujuan dapat meningkatkan rasa ingin tahu mahasiswa. Riset dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Setelah menerapkan metode PRP ini rasa ingin tahu mahasiswa setiap siklusnya mengalami peningkatan. Peningkatan rasa ingin tahu mahasiswa kelas 2C ditandai dari keaktifan mahasiswa untuk mempelajari hal baru terkait dengan materi pembelajaran, mampu menunjukan kemampuan berfikir logis, sikap kuat untuk mengetahui hal baru terkait dengan materi pembelajaran, mahasiswa aktif bertanya kepada dosen ataupun teman kelompoknya terkait materi yang belum mereka mengerti. mahasiswa membaca beragam jenis bacaan yang terkait dengan materi pembelajaran dan mahasiswa merasa senang ketika mereka mengerjakan tugas serta mengerti tentang materi yang telah dibahas.

Aprilia, merasa mata kuliah riset dan praktik pembelajaran ini merupakan mata kuliah yang memberikan banyak manfaat diantaranya memberi kesempatan kepada mahasiswa Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta untuk berlatih mengajar dan menerapkan berbagai strategi mengajar kepada mahasiswa S1 PGSD yang notabennya merupakan calon-calon guru SD.

Selain itu juga dengan dilaksanakaanya riset dan praktik pembelajaran wawasan mahasiswa S2 pendidikan dasar UNY terkait karakteristik mahasiswa S1 PGSD serta permasalah-permasalahan lebih nyata terlihat. Tidak hanya itu dengan dilaksanakannya riset dan praktik ini kemampuan mahasiswa menjadi lebih bertambah khususnya dalam penyusunan RPS (Rencana Perkuliahan Semester) dan SAP (Satuan Acara Perkuliahan) karena setiap minggunya SAP selalu dikonsultaksikan kepada Ibu Dr. Pratiwi Pujiastuti, M.Pd selaku dosen pengampu matakuliah “Pendidikan IPA”. Hasil akhir dari mata kuliah ini adalah pengumpulan laporan dan juga artikel jurnal. Hal ini sangat membantu mahasiswa S2 pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat memepermudah proses kelulusan mereka karena syarat yudisium salah satunya adalah menyertakan bukti publikasi jurnal nasional terakreditasi ataupun Jurnal Internasional Terindks Scopus maupun Thomson.

NAMA: Nur Aprilia Utami, S.Pd

Dikdas A/17712251003

Universitas Negeri Yogyakarta

 

NAMA: Nur Aprilia Utami, S.Pd

Dikdas A/17712251003

Universitas Negeri Yogyakarta