Meningkatkan Berpikir Kreatif Melalui Pendekatan SETS

Yogyakarta - Tercapainya tujuan pembelajaran ditandai oleh tingkat penguasaan dan pembentukan kepribadian, tentu hal ini tidak terlepas dari peran pendidik dalam memilih pendekatan saat mengajar. Melihat permasalahan yang ada,  Mahlianurrahman melaksanakan riset di kelas B 2014 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 4 - 19 november 2015. Hasil riset dituangkan dalam laporan riset dan sekaligus menjadi rekomendasi kepada pihak terkait dalam memilih pendekatan yang sesuai dengan materi.

“Pendidik diharapkan dapat memahami pendekatan-pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan materi. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi sifat-sifat cahaya adalah pendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS). Pendekatan SETS merupakan pendekatan pembelajaran yang mengaitkan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat”. Kata Mahlianurrahman.

“Hasil riset menunjukkan bahwa Melalui pendekatan SETS, peserta didik akan lebih merasa terlibat dalam pembelajaran dan peserta didik lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang ada kerena peserta didik tidak hanya menghafal materi pelajaran yang terasa asing bagi mereka”.

Riset ini merupakan bagian tanggung jawab mahasiswa pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta untuk memberikan informasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hasil dari riset ini diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia, baik itu para pendidik atau lembaga yang terkait untuk memecahkan permasalahan dibidang pendidikan. (Mahlianurrahman/ PD B)