MENINGKATAKAN HASIL BEAJAR MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA TULIS MENGGUNAKAN METODE CIRC PADA MAHASISWA PGSD SEMESTER III UNIVERSITAS SARJANA WIYATA YOGYAKARTA

Mahasiswa semester 3 di adakan mata kuliah riset dan pembelajaran PGSD,di mata kuliah ini mahasiswa akan belajar bagaimana mengajar materi kepada mahasiswa – mahasiswa yang masih di jenjang sarjana (S1),khususnya untuk mahasiswa S1 jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Untuk pembagian materi apa yang akan di ajarkan di universtas mitra  di sesuaiakan dengan konsentrasi dari tiap-tiap mahasiswa pasca sarjana,hal ini dilakukan suspya mahasiwa dapat focus dan ahli sesuai bidang nya masing – masing. Terkait dengan pemlihan universutas mitra,ahsiswa dberikan kebebasan untuk memilih universitas-universitas yang di tuju,begitu pula dengan kelompok dari mahasiswa yang nantinya akan menjadi group tersendiri.

Untuk  mahasiswa pascasarjana yang melakukan riset dan praktik pembelajaran PGSD di  universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,terdiri dari 12 mahasiswa,dimana terdiri dari banyak konsetrasi mata kuliah. Bahasa indonesai adalah salah satunya,disini  penulis mengajarakn mata kuliah keterampialn bahasa Indonesia tulis,untuk kelas 3I dan akan dilakukan selama 6 pertemuan. Selain belajar bagaimana mengajar,namun penulis juga melakukan riset terhadap mahasiswa yang di ajarkanya,yaitu kelas 3I yang terdiri dari 41 mahasiswa. Pada kegiatan pemeblajaan ini,pertama dilakukan pra-siklus diman penulis melakukan pengamatan mengenai situasi kelas maupaun nilai –para mahaiswa sehingga penulis akan menemukan metode apa ynag tepat untuk digunakan dalalm kelas 3I,setelah dilakukan pengamata dalam kegiatan pra-siklus aini para mahasiswa prestasi masih kurang,berrdasarkan nilai –nilai uts yang dilkukan sebelumnya sari 41 nahasiswa nilai yang belum tuntas sebanyak 18 ,melalaui pengamat pra-siklus tersebut , penulis menggunakan metode CIRC dalalm melakukan riset tersebut dan untuk mengetahu hasil nilai bekajarenulis menggunkan tes.

Kemudian pada siklus ke 1, mahasiswa telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan mtode CIRC, siklus ini berlangsung 2 kali pertemuan. Melalui siklus pertama ini hasil yang didapta sudah cukup memberikan dampak yang baik dimana nilai belum tuntas mahasiswa menurun,dimana sebelumnay ada 18 mahasiswa ynag belum tuntas pada siklus 1 ini menjadi 11mahaiswa.Kemudian dalalm siklus 2,penulis masih menggunakan metode yang sama dan terlihat kegitan pembeljaran yang positif karean mahasiswa selain paham  apa yang di pelajarinya namun mereka terasa senang sehingga pembelajaran terlihat menarik,dan dari hasil tes yang di lakukan pada siklus 2 ini jumalh mahasiwa dengan nilai ynag baik terus meningkat,dari 41 mahaiswa yang belum tuntas berjumlah 8 mahaiswa.

Perbandingan jumlah mahasiswa yang tuntas dan tidak tuntas sudah sangat sangat baik, dari rata-rata nilainyang di dapat yaitu sebanyak 33 mahasiswa yang tuntas dan dan hanya 8 lainnya yang tidak tuntas. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa pada siklus satu mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut akhirnay penelitian dihentikanpada siklus yang ke -2 karena hasilnya sudah baik

Sedyo Pamungkas 14712251056/C