You are here

Memahamkan melalui Penemuan

Setiap manusia memiliki dorongan untuk menemukan sendiri pengetahuannya. Pembelajaran dengan penemuan merupakan dambaan bagi sebagian besar peserta didik dari pada mereka harus mendengarkan selama berjam-jam. Karena dengan penemuan akan mereka dapat mengalami pengalaman belajar secara langsung. Hal ini juga menjadi acuan dalam melaksanakan praktik pembelajaran yang merupakan tuntutan mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran di PGSD.

Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh setiap mahasiswa Pendidikan Dasar S2 pada semester 2. Mata kuliah ini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk melaksanakan praktik pembelajaran sekaligus riset. Praktikan melaksanakan riset dan praktik pembelajaran PGSD di Universitas Muhammadiyah Magelang.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa praktikan yang dibimbing oleh dosen pendamping yakni Ibu Dhuta Sukmarani, M.Si. Praktikan diberi kesempatan untuk melaksanakan praktik mengajar  di kelas 2B Regular pada mata kuliah konsep dasar IPA. Selama praktik berlangsung, praktikan melakukan inovasi untuk menciptakan suasana perkuliahan yang lebih bermakna. Inovasi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pembelajaran menggunakan strategi  inkuiri. Praktikan memilih strategi ini karena strategi inkuiri merupakan suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, dan analitis. Sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Dengan dilakukannya eksperimen, mahasiswa akan menemukan konsep sendiri berdasarkan pengalaman yang didapatkan, sehingga konsep akan lebih bermakna dan mudah dipahami. Hasil dari pembelajaran dengan menggunakan strategi inkuiri dapat lebih memahamkan mahasiswa mengenai konsep yang dipelajari. Hal ini dapat dilihat melalui hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada mahasiswa.

 

Khikmah Fitriani Nurazizah, Mahasiswa Pendidikan Dasar S2 2016

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)