LESSON STUDY BAGI GURU SD SE-BANTUL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dasar (Dikdas) S2 mengadakan Lesson Studi bagi guru se-SD Bantul. Lesson Study dilaksanakan di SD Kretek 1, Kabupaten Bantul yang dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam 2 hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2015 dan hari Senin tanggal 24 Agustus 2015. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah melatih guru-guru untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya. Selain dihadiri oleh pemateri dan peserta, kegiatan ini juga dihadiri oleh pengawas dan Kepala UPT PPD Kabupaten Bantul.

Hari Sabtu tanggal 22 Agustus 2015 merupakan hari pertama dimulainya Lesson Study bagi guru se-SD Bantul. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB yang diawali sambutan oleh Kepala UPT sekaligus membuka acara tersebut. Selanjutnya masuk pada acara inti yaitu pemaparan materi dari dua dosen dan satu mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Dasar (Dikdas) S2. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Pratiwi Pujiastuti, M. Pd tentang pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013 di SD. Materi kedua tentang Lesson Study for Learning Community (LSLC): Reformasi sekolah untuk pendidikan yang berkualitas yang disampaikan oleh Dr. Ali Mustadi, M. Pd. Selanjutnya, contoh model pembelajaran Lesson Study disampaikan oleh Sri Indhah, S. Pd yang merupakan mahasiswa S2 Prodi Pendidikan Dasar. Setelah pemberian pelatihan dan diberikan contoh model pembelajaran Lesson Study, peserta merencanakan kegiatan Open Class yang akan dilaksanakan pada pertemuan selanjutnya.

Pertemuan kedua dilaksanakan pada hari Senin tanggal 24 Agustus 2015. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Pada hari kedua ini merupakan pelaksanaan dari Open Class yang dilakukan oleh salah satu guru yaitu Minaryati, M. Pd. Peserta yang lain sebagai obeserver yang mengamati proses kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung. Setelah kegiatan Open Class selesai, dilakukan refleksi dimana kegiatan tersebut merefleksi pelaksanaan Open Class yang telah dilaksanakan. Selanjutnya sebelum kegiatan ditutup, diadakan pembentukan  pengurus Lesson Study SD se-Bantul yang diketuai oleh Minaryati, M. Pd dan homebase Lesson Study bertempat di SD Kretek 1, Kecamatan Bantul. Setelah pembentukan pengurus, kegiatan ditutup oleh Dr. Ali Mustadi, M. Pd. pada pukul 12.00 WIB.

(Ratna Sari Agustina)