You are here

Kuliah Menggembirakan, Aktif dan Berkarakter

Sebagai bagian dari proses perkuliahan, mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran mahasiswa Prodi. Pendidikan Dasar UNY melakukan praktik dan pembelajaran yang bertempat di Prodi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Sunan Kalijaga. Dalam hal ini, Anang Amiruddin Nugroho, S.Pd.I., selaku mahasiswa yang melakukan praktik memberikan semacam improvisasi terkait dengan praktik mengajar yang dilakukan. Walaupun dalam implementasinya sebagai bagian dari perkuliahan di pascasarjana UNY, namun sejatinya tetap dilakukan demi hadirnya inovasi baru di dunia pendidikan tinggi pada khususnya.

Mata kuliah yang diampu adalah Bahasa Indonesia SD dengan dosen pamong yakni ibu Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd., yang juga selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) PGMI. Selain menyesuaikan dengan kurikulum KKNI PGMI yang ada, mahasiswa praktik juga dituntut untuk lebih mengembangkan soft skill mahasiswa yang diampu, maka tidak jarang kemudian dalam implementasinya sering menggunakan ice breaking sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa dikala jenuh.

Pada praktik perkuliahan, pelaksanaan pembelajarannya mengampu mahasiswa PGMI semester 2 kelas B dengan mata kuliah Bahasa Indonesia SD. Selama praktik perkuliahan berlangsung, ditenkankan mengenai pentingnya pendidikan karakter sekaligus pendekatan berbasis tematik sebagai calon guru SD nantinya dalam mengembangkan wawasan siswa yang ada di SD. Selain itu disampaikan pula langkah pembangun karakter, yang dalam hal ini adalah dengan menggunakan teori pendidikan profetik berkarakter ala nabi, yang kemudian dapat dipahami secara utuh.

Pendidikan profetik yang disampaikan adalah terkait peran guru sebagai sosok sekaligus duta di dalam kelas. Guru adalah seorang pembangun sekaligus seorang yang “digugu lan ditiru”, sehingga dalam implementasinya harus mampu berkelakuan baik serta menjadi suri tauladan yang berkarakter untuk nanti dicontoh oleh para siswa-siwinya.

Adapun beberapa hal lain yang disampaikan adalah mengenai penggunaan metode Cooperative Script kepada para mahasiswa yang dituntut untuk dapat aktif selama proses pembelajaran. Metode ini disinkronkan dengan ice breaking dalam implementasinya jadi akan lebih membangkitkan suasana kelas menjadi hidup, dan mampu kondusif dalam setiap pemberian materi perkuliahannya. Dari beberapa improvisasi yang dilakukan, mulai dari ice breaking, pendekatan tematik, pendidikan profetik, hingga penggunaan metode Cooperative Script, dilakukan pula semacam riset mini untuk mengukur keaktifan dan keterampilan berbahasa, dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keaktifan Dan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia SD di Prodi. PGMI Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga."

 

Anang Amiruddin Nugroho, S.Pd.I

NIM. 16712251075

 

 

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)