You are here

INOVASI MENGAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENDAMPINGAN SISWA DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI CEBONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

.

SDN  Cebongan merupakan salah satu sekolah yang dipilih dan ditentukan untuk dijadikan  tempat praktik pembelajaran tematik pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Sekolah ini beralamat di Jalan Kebun Agung, Sumberadi, Mlati, Sleman, DIY. Persyaratan minimal terakreditasi A juga telah terpenuhi di sekolah ini. Selain itu, SDN Cebongan merupakan salah satu SD yang tergolong dalam Sekolah Standar Nasional (SSN) di Kabupaten Sleman. Sekolah ini memiliki dua rombongan belajar dengan jumlah siswa sebanyak 430 siswa.

Pelaksanaan praktik pembelajaran tematik berlangsung selama kurun waktu 6 minggu. Setiap praktikan mendapatkan tugas mengajar kelas atas (VB) dan kelas bawah (IIIB). Setiap minggu, para praktikan melaksanakan tugas mengajar sebanyak 1 kali dan menjadi observer juga  sebanyak 1 kali. Hal ini dlakukan agar para praktikan bisa saling merefleksikan diri sehingga terjadi perbaikan pada pertemuan berikutnya. Prinsip ini sejalan dengan kegiatan lesson study yang telah diterapkan diberbagai negara maju dan salah satunya di negara Jepang. Setiap minggu para praktikan saling memberikan masukan dan saran dengan tujuan agar proses pembelajaran di pertemuan berikutnya menjadi lebih baik.

Kegiatan Praktik pembelajaran di SDN Cebongan berlangsung sangat menyenangkan. Penulis dapat mengenal berbagai karakter dan keberagaman siswa, baik dari gaya belajar maupun kecerdasan yang dimiliki oleh siswa di SDN Cebongan. Selain itu, hubungan kekeluargaan juga terjalin baik dengan seluruh keluarga besar di SDN Cebongan. Kami diterima dengan baik dan disambut dengan tangan terbuka. Hal ini sangat mendukung kami dalam melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan praktik pembelajaran di sekolah tersebut.

Penulis belajar dan bertukar pengalaman dengan guru kelas  serta teman praktikan yang lain di sekolah tersebut. Penulis juga tidak bermaksud untuk mengubah secara drastis budaya dan kebiasaan baik yang telah terbentuk di SDN Cebongan, tetapi penulis hanya berusaha untuk mendukung dan meningkatkan proses pembelajaran agar berjalan lebih baik. Sejalan dengan pembelajaran tematik yang menggunakan  pendekatan saintifik, penulisberusaha mengembangkan dengan menggunakan pendekatan saintifik plus yang dikombinasikan dengan model pembelajaran yang berpusat pada siswa diantaranya adalah pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual. Selain itu, proses pembelajaran  yang berlangsung juga memanfaatkan berbagai sumber belajar di sekitar siswa yang dihubungkan dengan  kehidupan sehari-hari di lingkungan mereka.

Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang didapatkan oleh penulis saat melaksanakan praktik pembelajaran di SDN Cebongan. Salahsatunya adalah melibatkan seluruh siswa pada proses pembelajaran di kelas. Penulis tidak membeda-bedakan siswa, baik yang berkemampuan rendah maupun tinggi. Mereka diperlakukan sama dan adil. Pendampingan khusus juga diberikan  kepada siswa yang memiliki kemampuan rendah, baik kognitif maupun psikomotor. Selain  itu, penulis juga tidak lupa memberikan  nasihat dan keteladanan yang berkaitan dengan karakter mulia yang harus dimiliki oleh siswa sehingga mereka mampu menjadi individu-individu  yang baik hati, cerdas, kreatif, dan inovatif.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)