English Club oleh Prodi Dikdas PPs sebagai Jawaban dari Tantangan Global

Tuntatan global saat kini sudah sedikit demi sedikit bergeser dari tuntatan lokal ke arah internasional. Setiap individu diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan tuntutan tersebut. Banyak aspek yang dapat dilakukan bagi individu untuk dapat bertahan dan bersaing di kancah internasional ini. Salah satu aspek yang penting dalam persaingan internasional ini adalah aspek bahasa, dalam hal ini adalah bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Masih minimnya kemampuan berbahasa Inggris bagi kalangan mahasiswa menjadi suatu masalah dan tantangan tersendiri baik bagi suatu instansi secara umum maupun bagi individu secara khusus.

Untuk dapat mengatasi masalah tersebut sudah sepatutnya dilakukan sebuah upaya untuk dapat mengatasinya. Sehingga dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa inggris dan tuntutan global tersebut, prodi Pendidikan Dasar program PascaSarjana UNY mengadakan salah satu kegiatan rutin mingguan yang bernama English Club. Kegiatan English Club ini merupakan program yang disediakan prodi pendidikan dasar untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Dasar yang memiliki skor TOEFL dibawah skor standar yang telah ditetapkan oleh pihak pascasarjana yaitu 475 untuk jenjang magister.

English Club ini berupa kegiatan diskusi dan pembelajaran ringan mengenai bahasa inggris, mulai dari structure, grammar bahkan conversation yang dikemas dalam diskusi-diskusi ringan yang dapat membuat mahasiswa merasa nyaman dan tidak tertekan dalam melaksanakan kegiatan ini. Sebagai tentor dalam kegiatan English Club ini adalah sekretaris program studi Pendidikan Dasar sendiri, yaitu Dr. Ali Mustadi.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk berupaya meningkatan kemampuan berbahasa inggrisnya. English Club ini diadakan rutin dengan periode mingguan, tepatnya setiap hari Jumat pukul 09.00 – 11.00. Peserta yang mengikuti program English Club ini, hanya dikhususkan pada setiap angkatan yang paling muda di prodi, yaitu mahasiswa pada semester 1 atau 2. Untuk periode yang saat ini sedang berjalan, peserta Englis Club hanya diberlakukan pada angkatan 2014 saja. (Lina Wijayanti)