Eksperimentasi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Semester 3 PGSD FKIP UMS

Eksperience is the best teacher, ungkapan tersebut memang benar adanya. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Teori saja tidaklah cukup jika tidak disertai dengan pengalaman untuk mempraktikkan teori yang telah dipelajari. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta paham betul akan hal itu. Oleh karenanya Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Prodi Pendidikan Dasar memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk melakukan praktik pembelajaran pada semester 3. Melalui mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD, mahasiswa mendapat kesempatan untuk terjun langsung ke kampus-kampus. Mata kuliah yang diampu oleh Dr. Christina Ismaniati, M.Pd ini menugaskan setiap mahasiswanya untuk melakukan praktik pembelajaran sekaligus riset di PGSD.

Mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih sendiri kampus yang akan digunakan untuk melakukan riset dan praktik pembelajaran PGSD. Salah seorang mahasiswa Pendidikan Dasar kelas B, Fita Rahmawati, memilih almamaternya sewaktu S1 sebagai tempatnya praktik yaitu di prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jarak Yogyakarta-Surakarta tidak menghalangi keinginannya untuk berjumpa kembali dengan para dosen dan adik-adik tingkatnya.

Pada awal perkuliahan, mahasiswa dibekali dengan teori-teori sebelum melakukan praktik pembelajaran. Teori tersebut digunakan sebagai dasar untuk menyusun Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). RPS dan SAP merupakan perangkat pembelajaran yang digunakan saat praktik pembelajaran di PGSD. 

Mahasiswa Pendidikan Dasar yang melakukan riset dan praktik pembelajaran di PGSD FKIP UMS diterjunkan oleh dosen pengampu mata kuliah kepada Kaprodi PGSD FKIP UMS, Dr. Samino, M.M (alm) pada hari Jumat, 2 Oktober 2015. Mahasiswa diterima dengan tangan terbuka dan hangat. Selanjutnya masing-masing mahasiswa diminta menemui dosen pamong. Dosen pamong ditentukan berdasarkan konsentrasi mahasiswa di Pendidikan Dasar. Fita Rahmawati yang mengambil konsentrasi matematika, selama di PGSD FKIP UMS, dibantu oleh seorang dosen pamong, yaitu Yulia Maftuhah Hidayati, M.Pd. Beliau adalah dosen PGSD FKIP UMS  yang mengampu mata kuliah Pendidikan Matematika SD semester 3.

Sebelum melakukan riset dan praktik pembelajaran PGSD, terlebih dahulu mahasiswa melakukan observasi guna mengetahui permasalahan dalam pembelajaran. Observasi dilakukan pada tanggal 6 dan 13 Oktober 2015 di kelas 3D, 3E dan 3F. Dari hasil observasi dan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) diketahui bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi adalah kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa masih kurang.

Berdasarkan hasil diskusi dengan dosen pamong, praktikan melakukan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Praktik pembelajaran yang dilakukan, sekaligus merupakan penelitian eksperimen. Pada penelitian eksperimen ini, treatment yang diterapkan adalah model pembelajaran Problem Based Learning di kelas eksperimen. Sedangkan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran yang biasa digunakan yaitu model pembelajaran ekspositori. Praktikan mengajar di 3 kelas yang berbeda, yaitu kelas 3E sebagai kelas eksperimen, kelas 3D sebagai kelas kontrol dan kelas 3F digunakan untuk uji coba instrumen penelitian. Kelas 3E dan 3D dipilih karena jumlah mahasiswanya hampir sama. Berbeda dengan kelas 3F yang jumlah mahasiswanya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kelas yang lain.

Riset dan praktik pembelajaran dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, yaitu pada tanggal 10 dan 17 November 2015. Materi yang dipelajari adalah tentang Strategi Khusus Pemecahan Masalah Matematika. Terdapat 10 strategi khusus yang dipelajari dan dibagi masing-masing 5 strategi di tiap pertemuan. Pada kelas eksperimen yang menggunakan Problem Based Learning, mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok dengan anggota yang heterogen. Kemudian mahasiswa diminta untuk mengerjakan soal-soal secara berkelompok dengan menggunakan strategi khusus pemecahan masalah matematika. Setelah berdiskusi, mahasiswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.

Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan membandingkan nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Soal-soal yang diberikan pada saat pretest dan posttest merupakan soal matematika non rutin yang memerlukan strategi khusus untuk memecahkannya. Soal-soal tersebut dibuat untuk mengukur tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal ini diketahui dari perbedaan skor rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 2,296 > 2,005. Kemampuan pemecahan masalah matematika melalui Problem Based Learning lebih baik daripada melalui ekspositori. Berdasarkan rata-rata kelas eksperimen 1 > rata-rata kelas eksperimen 2, yaitu 86,79 > 78,93.

Riset dan praktik pembelajaran di PGSD FKIP UMS tidak sekedar melakukan kewajiban untuk memenuhi tugas mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD saja. Namun, lebih dari itu, Fita merasakan sambutan yang sangat hangat dari para dosennya dulu. Adik-adik tingkatnya yang menjadi mahasiswa yang diajar olehnya juga sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tidak ada rasa canggung saat mengajar, walaupun ini merupakan pengalaman baru baginya menjadi dosen PGSD. Kerjasama dari dosen pamong dan mahasiswa PGSD FKIP UMS sangat membantu Fita untuk bisa tampil mengajar di depan kelas dengan rasa percaya diri.

Tidak ada pertemuan tanpa perpisahan, hingga akhirnya dengan berat hati pada tanggal 5 Januari 2016, Fita Rahmawati pamit kepada sekprodi PGSD FKIP UMS, Murfiah Dewi Wulandari, M.Psi (mewakili kaprodi baru Dr. Achmad Fathoni, M.Pd yang berhalangan hadir) karena tugasnya sudah berakhir. Begitu banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat selama melakukan riset dan praktik pembelajaran di PGSD FKIP UMS di waktu yang singkat. Terima kasih praktikan ucapkan kepada dosen pengampu Dr. Christina Ismaniati, M.Pd; kaprodi PGSD FKIP UMS yang telah berpulang ke Rahmatullah Dr. Samino, M.M; kaprodi baru PGSD FKIP UMS Dr. Achmad Fathoni, M.Pd; sekprodi PGSD FKIP UMS Murfiah Dewi Wulandari, M.Psi; dan dosen pamong Yulia Maftuhah Hidayati, M.Pd atas bimbingan dan arahannya selama ini. Tidak lupa kepada seluruh mahasiswa PGSD FKIP UMS kelas 3D, 3E, dan 3F, terima kasih atas kerjasama dan semangatnya, semoga cita-cita kalian tercapai.

Tak ada gading yang tak retak. Begitu pula dengan riset dan praktik pembelajaran yang Fita Rahmawati lakukan. Semoga pengalaman ini menjadi guru yang sangat berguna bagi masa depan nanti. Tidak ada yang tidak mungkin bagi yang mau mencoba. Salam sukses selalu. (Fita Rahmawati_14712251038_Pendidikan Dasar Kelas B).