Dikdas PPS UNY Sambut kunjungan Mahasiswa PPS PGSD Universitas Tanjung Pura

Foto bersama Sekprodi Dikdas UNY, Keprodi PGSD Untan, Mahasiswa/i PGSD Untan serta mahasiwa/i Dikdas UNY

Senin,  28 September 2015 lalu, bertempat di Aula lantai 3 gedung pasca baru, prodi Pascasarjana Dikdas UNY kembali menerima kunjungan. Pada kesempatan ini kunjungan dilakukan oleh mahasiswa/i pasca sarjana PGSD Universitas Tanjung Pura Pontianak, Kalimantan Barat. Rombongan yang terdiri dari 22 orang mahasiswa/i pascasarjana PGSD, beserta pendampingnya Keprodi Pasca PGSD Tanjung Pura, Prof. Dr. H. Marjuki, M.Ed, M.A, S.H sangat  antusias ingin mengetahui lebih mendalam prihal prodi pasca sarjana Dikdas UNY. Meskipun bagi Prof. Dr. H. Marjuki, M. Ed, M.A, S.H kunjungan ini bukanlah yang pertama, namun bagi beliau selalu merupakan pengalaman yang bermakna. Diakui dalam sambutannya, bahwa keinginan untuk selalu belajar dari prodi Pascasarjana Dikdas UNY tak pernah padam. Banyak hal yang beliau ingin dapatkan dan bagikan bagi mahasiswa/i-nya kelak,khususnya 22 mahasiswa/i yang turut dalam rombongan tersebut. 

Pada sisi yang sama, Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed selaku direktur program pasca sarjana, juga turut antusias menyambut kunjungan tersebut. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih atas antusiasme beberapa perguruan tinggi yang berkenan berkunjung ke UNY, khususnya pada program pascasarjana, termasuk dari Universitas Tanjung Pura. Pada kesempatan tersebut, Prof. Zuhdan juga menyampaikan gambaran singkat perihal situasi program pasca sarjana secara umum;  data ke SD-an secara Nasional maupun lokal; peranan guru sebagai agen pembelajar; Plagiarisme serta karya tulis ilmiah. Topik pembahasan ini disambut baik oleh mahasiswa/i pascasarjana PGSD Universitas Tanjung Pura. Beberapa mahasiswa/i pun turut meminta saran terkait beberapa fenomena pendidikan dan pembelajaran yang terjadi di kota Pontianak dan sekitarnya.

Dr. Ali Mustadi, M.Pd juga turut antusias menyambut kunjungan ini. Sebagai perwakilan dari pihak prodi pasca sarjana DIKDAS, Dr. Ali Mustadi M.Pd memberi apresiasi dan ucapan terima kasih yang mendalam atas kesediaan prodi pasca sarjana PGSD Untan untuk berkunjung, belajar dan sharing info dan pengetahuan dengan prodi pasca sarjana Dikdas UNY. Baginya, kegiatan ini adalah tindakan nyata yang layak dilanjutkan dalam kerja sama yang lebih intens antar dua (2) prodi dari dua (2) perguruan tinggi yang berbeda. Diakui, bahwa tuntutan pengembangan perguruan tinggi di masa depan akan dimungkinkan jika semakin banyak menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Tidak lupa beliau juga memberi gambaran pendidikan dasar ideal yang sudah terlaksana di beberapa negara tetangga seperti Jepang, China dan Finlandia. Dr. Ali Mustadi juga berpesan untuk tetap optimis menjadi agen pembaharu pendidikan dasar di tempat kerja masing-masing.

Kunjungan ini pun diakhiri dengan saling bertukar souvenir, foto bersama dan mendatangi perpustakaan pasca sarjana UNY yang terletak di lantai 2 gedung lama. Para mahasiswa/i pascasarjana PGSD Untan terlihat tetap antusias, meskipun harus menaiki anakan tangga untuk menuju ke lokasi perpustakaan tersebut. Didampingi beberapa mahasiswa pasca sarjan Dikdas UNY, para mahasiswa/i PGSD Untan juga menanyakan beberapa informasi yang ingin mereka ketahui. Tepat pukul 16.00 WIB, kunjungan ini pun berakhir.