You are here

BUDAYA 5S DI SD PACAR

Mata Kuliah Praktik Pembelajaran SD yang ditempuh pada semester III merupakan mata kuliah yang memberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama dua semester menempuh pendidikan di program studi Pendidikan Dasar. SD N Pacar merupakan salah satu sekola pilot project kurikulum 2013. Kegiatan praktik yang dilakukan di SD N Pacar diikuti oleh 4 mahasiswa. Kegiatan praktik ini memberikan pengalaman baru tentang aplikasi kulikulum 2013 yang telah dilaksanakan di sekolah.

Sejak pertama datang ke sekolah tersebut telah terasa atmosfir kekeluargaan dalam kesehariannya. Ketika masuk ke dalam gerbang langsung ada sambutan salam dari peserta didik yang bahkan baru pertama kali bertemu. Memasuki ruang kepala sekolah sambutan hangat datang dari Bapak Kepala Sekolah. Sapaan ramah dan tanggapan yang terbuka membuat nyaman sebagai tamu yang baru pertama kali datang. Masuk ke ruang guru, sambutan ramahpun kami terima dari semua Bapak Ibu Guru di sekolah yang terletak di kecamatan Sewon ini. 

Membudayakan 5S yakni Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun di sebuah sekolah yang berparalel dua kelas ini tidak dapat dilakukan secara instan. Apalagi semua pihak dapat melaksanakannya tanpa paksaan. Kebiasaan yang akhirnya membudaya ini diakui cukup sulit untuk diterapkan pada awal mulanya. Namun, siering berjalannya waktu semua telah menjadi kebiasaan. Begitulah yang dirasakan Bapak Jauhari, S.Pd. selaku Kepala Sekolah yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan kepada guru, karyawan dan peserta didik. Pembiasaan ini tidak dapat dilakukan tanpa adanya ketelatenan, konsistensi dan kesabaran dari berbagai pihak. Semoga budaya 5S ini akan selalu ada dan menjadi budaya dimanapun siswa, guru, karyawan dimanapun berada.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)