You are here

Berinovasi dalam mengajar melalui model Group Investigation

Matakuliah Riset dan Praktik Pembelajaran yang ditempuh oleh mahasiswa semester 2 Program Pascasarjana Pendidikan Dasar UNY memberikan jalan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan riset dan praktik mengajarnya. Melalui matakuliah yang diampu oleh bapak Dr. Ali mustadi, M.Pd ini salah satu mahasiswa riset dan praktik pembelajaran yaitu Nurdin Kamil, S.Pd menawarkan salah satu model pengajaran yang dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar.

Program studi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta merupakan tempat riset dan praktik yang dilakukan. Pada mata kuliah Matematika 2 yang diampu oleh bapak Danuri, M.Pd mahasiswa PPs UNY ini melakukan riset dan praktik sesuai dengan bidang konsentrasi yang diambilnya. Selain sebagai salah satu pemenuhan kurikulum dalam perkuliahan, mata kuliah riset dan praktik pembelajaran secara tidak langsung membelajarkan mahasiswa terkait kegiatan pembelajaran, mulai dari administrasi pembelajaran, kurikulum yang digunakan dan juga perangkat pembelajaran yang diperlukan.

Dalam pelaksanaannya setelah dilakukan observasi yang dilakukan di kelas A3-16 PGSD UPY, terdapat beberapa masalah yang ditemukan dalam pembelajaran. salah satu masalah yang muncul adalah kurang aktifnya mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran. Kemudian diberikan inovasi mengajar dengan menggunakan model belajar yang berbeda yaitu pembelajaran kooperatif dengan menggunakan model Group Investigation. Model ini menginginkan setiap mahasiswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran, melalui diskusi kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan terbentuk sehingga pembelajaran akan lebih aktif dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat.

Hasil dari pembelajaran menggunakan model Group Investigation ini lebih baik dari model pembelajaran yang digunakan sebelumnya. Diskusi aktif mahasiswa juga membentuk mahasiswa mampu mengkomunikasikan pendapatnya masing-masing dengan memberikan tanggapan terhadap hasil dari Group Investigation. Lembar kerja mahasiswa merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan untuk menunjang terlaksananya Group Investigation sehingga masing-masing mahasiswa memiliki tugas untuk menganalis apa yang terdapat pada Lembar kerja mahasiswa.

Perangkat pembelajaran yang disiapkan sesuai dengan KKNI yang diberlakukan pada Universitas PGRI Yogyakarta. Turunan tujuan dicantumkan pada pengembangan RPS yang dibuat dan pelaksanaan pembelajaran setiap pertemuan.

Kontak Kami

PROGRAM PASCASARJANA

Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office), Hunting +62274-586168, Psw. 229; 285; & 367
Fax. +62274-520326
Website : 
http://pps.uny.ac.id
Contact Persons :

Sujarwo (081578886039)