“PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PGSD FIP UNY PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA MELALUI PENERAPAN INTEGRASI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DAN MIND MAPPING”

Belajar melalui praktik akan lebih memberikan makna dari pada hanya sekedar teori. Mahasiswa Program Studi S2 Pendidikan Dasar melakukan praktik pembelajaran PGSD di kampus. Berbeda dengan praktik pada jenjang S1, pada jenjang S2 ini mahasiswa tidak hanya praktik, tetapi juga dituntut untuk melakukan riset. Salah satu Mahasiswa Angkatan 2014 Konsentrasi IPA melaksanakan riset dan praktik pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar IPA di PGSD FIP UNY. Masalah yang diangkat dalam risetnya yaitu kurangnya kemandirian belajar mahasiswa. Solusi yang dilakukannya yakni memberikan tindakan dengan menerapkan Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Mind Mapping.

Metode penelitian yang diggunakan yaitu penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Penelitian yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 35 mahasiswa Kelas C PGSD FIP UNY yang sedang menempuh Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Semester 1 Angkatan 2015. Data kemandirian belajar siswa dikumpulkan menggunakan teknik observasi, dan wawancara dengan instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara.. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa Kelas D PGSD FIP UNY yang sedang menempuh Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Semester 1 Angkatan 2015 meningkat melalui penerapan integrasi Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Mind Mapping. Hasil observasi kemandirian belajar siswa Kelas D PGSD FIP UNY yang sedang menempuh Mata Kuliah Konsep Dasar IPA Semester 1 Angkatan 2015  menunjukkan peningkatan. Rata-rata observasi kemandirian belajar siswa pada Siklus I sebesar 68,5% dan meningkat 8,3% menjadi 76,8% pada Siklus II.

 

Kata kunci: kemandirian belajar, jigsaw, mind mapping

 

Adhy Putri Rilianti/ 14712251040