Suasana Menyenangkan untuk Siswa Pembelajar

Siswa dapat belajar dengan baik ketika suasana menyenangkan. Jika siswa dalam kondisi stres atau dalam tekanan maka siswa tidak bisa belajar secara efektif. Pembelajaran dapat efektif ketika  lingkungan mendukung dan menyenangkan. Siswa diharapkan dapat menikmati belajar dan belajar harus diusahakan timbul dari perasaan suka serta nyaman tanpa paksaan. Untuk itu perlu diciptakan lingkungan menyenangkan dan bebas dari stres. Situasi itu dapat tercipta di sekolah dengan dukungan guru.  Guru dapat menciptakan suasana itu denga cara tidak menetapkan target atau menuntut siswa melebihi kemampuannya.

Faktor emosi siswa sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Ketika suatu pembelajaran melibatkan emosi positif yang kuat, umumnya pembelajaran tersebut akan terekam dengan kuat pula dalam ingatan. Untuk itu, dibutuhkan kreatifitas guru untuk menciptakan metode atau pendekatan pembelajaran yang menyenangkan, yang dapat menjadi wadah dan sarana siswa untuk belajar. Kreativitas menggunakan metode atau pendekatan pembelajaran oleh guru bisa dengan permainan-permainan seperti drama, warna, puzle dan humor yang mendidik.

Selain emosi positif, cinta juga merupakan resep paling penting dalam dunia pembelajaran bagi siswa. Kehangatan dan kasih sayang adalah faktor utama dalam mendukung perkembangan siswa seutuhnya. Sentuhan emosi positif memberikan dampak besar dalam pembelajaran bagi siswa. Untuk itu guru perlu memberikan cinta seutuhnya pada siswa agar siswa dapat menjadi pembelajar yang hebat.