SISWA KELAS 3 MEMBUAT ANEMOMETER SEDERHANA: PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA

Mahasiswa Program studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan praktik pembelajaran di sekolah dasar. Praktik tersebut diwajibkan bagi mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Praktik Pembelajaran SD di semester 3.  Praktik pembelajaran di SD merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan. Mahasiswa  terjun secara langsung ke lapangan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, permasalahan-permasalahan di kelas, menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, melakukan praktik pembelajaran dengan menerapkan beberapa strategi atau metode pembelajaran yang telah dipelajari, serta menerapkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip kurikulum 2013.

Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan praktik ini antara lain: mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan disamping mendapatkan pengalaman langsung praktik pembelajaran, mahasiswa diberi kesempatan untuk memantapkan dan mengembangkan  kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatan mutu pembelajaran di kelas, mahasiswa dapat mengelola pembelajaran di kelas yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.

Praktik pembelajaran berlangsung di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang beralamatkan di Jalan Bimokurdo No. 33 Yogyakarta. Praktik pembelajaran dilaksanakan di kelas tinggi dan kelas rendah.  Dalam praktik pembelajaran ini, mahasiswa melakukan observasi, penyususnan perangkat pembelajaran, mempraktikkan dan menyusun laporan. Salah satu contoh pembelajaran di kelas 3, Nampak siswa antusias mengikuti pembelajaran membuat anemometer sederhana. Hal ini membuktikan apabila pembelajaran dikemas dengan baik akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan dapat diikuti oleh siswa dengan baik. (Irawan)