Pembelajaran IPS dengan Pemahaman dan Pendekatan Fenomenologi di Universitas PGRI Yogyakarta

 

index.jpgPembelajaran pada mata kuliah IPS di Universitas PGRI Yogyakarta pada umumnya masih menggunakan bentuk atau model pembelajaran IPS seperti pada kebanyakan institusi lain yang masih menggunakan bentuk pembelajaran yang konvensional. Pembelajaran IPS konvensional masih menggunakan teks book ataupun lebih tertuju pada penjelasan materi yang disampaikan dosen. IPS selama ini masih merupakan matapelajaran atau mata kuliah yang dianggap oleh para siswa sebagai mata kuliah yang membosankan.

Dikatakan membosankan karena siswa merasa mereka tidak bisa aktif atau hanya sebagai pendengar saja. Meskipun dalam pembelajaran mereka juga dituntut untuk aktif dalam bentuk presentasi, namun hal tersebut ternyata hanya sebagai bentuk pemenuhan kewajiban saja. Siswa terkadang menjadikan IPS sebagai salah satu syarat dalam memenuhi kebutuhan studi namun belum menjadikan mereka paham atau lebih mendalami IPS sebagai mana mestinya.

Dalam tugas saya sebagai mahasiswa praktikan serta melakukan riset di Universitas PGRI Yogyakarta pada kelas A4-16. Untuk meningkatkan pemahaman serta konsep dasar IPS pada mahasiswa langkah yang dilakukan untuk memngembangkan bentuk inovasi pemebelajaran ips adalah dengan melekukan kegiatan yang berdasar pada fenomenologi. Siswa dituntut untuk mengkaji serta memahami berbagai bentuk konsep dasar ips pada kehidupan nyata serta mengkaji berbagai permasalahan tersebut. Kemudian Mahasiswa mengkaji permasalahn tersebut dengan menggunakan berbagai teori keilmuan yang ada dalam ips. Setelah langkah tersebut dilakukan siswa menyimpulkan serta meberi berbagai solusi yang ada pada permasalahan tersebut dalam bentuk karya tulis ilmiah. Dengan menggunakan cara tersebut diharapkan para mahasiswa dapat memahami IPS tidak hanya teori saja namun dapat memahaminya secara lebioh mendalam dan realistis.

Oleh : Amin Prasetyo Aji / Dikdas Kelas B 2016