Pelaksanaan Pembelajaran Kolaboratif di SD Sriharjo, Imogiri

Pelaksanaan praktik pembelajaran di sekolah dasar yang menerapkan kuikulum 2013 adalah suatu bentuk implementasi kurikulum 2013. Praktik pembelajaran di SD merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh di Perguruan Tinggi. Praktik pembelajaran merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini mengharuskan mahasiswa untuk melakukan praktik pembelajaran secara langsung di lapangan atau di Sekolah Dasar (SD).Mahasiswa  terjun secara langsung ke lapangan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, permasalahan-permasalahan di kelas, menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, melakukan praktek pembelajaran dengan menerapkan beberapa strategi atau metode pembelajaran yang telah dipelajari, serta menerapkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip kurikulum 2013.

 

Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan praktik pembelajaran adalah Sekolah Dasar  yang berada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Pada pelaksanaan  program Praktik pembelajaran di SD praktikan melaksanakan praktik pembelajaran di SD Sriharjo, UPT PPD Kecamatan Imogiri yang beralamat di Dusun Mojohuro, Desa  Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan praktik ini antara lain: menerapkan semua ilmu yang didapatkan selama perkuliahan, menerapkannya dalam praktik pembelajaran, mendapatkan pengalaman langsung sehingga mampu memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di dalam kelas serta  dapat mengelola pembelajaran di kelas yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.

 

Sebelum praktek di SD Sriharjo, dilakukan beberapa  persiapan untuk menganalisis kebutuhan selama praktek pembelajaran. Persiapan pelaksanaan praktek pembelajaran yang dilakukan antara lain melakukan observasi kelas dan wawancara dengan guru kelas tentang pembelajaran di SD Sriharjo ,  Pembuatan RPP serta  pembuatan media pembelajaran. Berdasarkan hasil  observasi dan wawancara yang telah dilakukan ditemukan indikasi masalah pada siswa kelas 2 dan kelas 4 di SD Sriharjo yaitu siswa masih suka memilih-milih teman dan terdapat anak yang ada dikucilkan / dijauhi temannya.

 

Berdasarkan hal diatas, praktikan memutuskan untuk menggunakan pembelajaran kolaboratif dalam melaksanakan praktik pembelajaran di SD Sriharjo. Pelaksanaan pembelajaran di kelas 4 dilaksanakan pada tanggal 19-20 Oktober 2015  pada tema 4 subtema 1 berisi materi : pekerjaan sehari-hari,kegiatan yang dilakukan adalah menceritakan pekerjaan yang ada di sekitar,  praktek proses pembuatan teh, mengukur ubin,mengukur permukaan benda, menyebutukan sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan, dapat dilihat bahwa siswa kelas 4 dapat berkolaborasi dengan teman-temannya. Siswa  yang biasa dihindari telah menjadi bagian dari kelompok dan ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran. Siswa yang lain juga sudah mau bekerjasama dalam kelompok dengan anak tersebut.

 

Praktik pemmbelajaran di kelas 2 dilaksanakan pada tanggal 23-24 Oktober 2015 pada tema 3 Tugasku sehari-hari  subtema 1 tugasku sehari-hari di rumah. Materi pembelajaran yang dilaksanakan adalah tentang melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah, menceritakan dokumen milik keluarga, kegiatan yang harus dihindari sebelum dan sesudah melakukan aktifitas fisik. Pembelajaran antara lain menuliskan tugas di rumah dan di sekolah, mempraktekan merawat dokumen keluarga, menentukan posisi jarum jam. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan, dapat dilihat bahwa siswa kelas 2 dapat berkolaborasi dengan teman-temannya. Siswa  yang biasa dihindari telah menjadi bagian dari kelompok dan ikut melaksanakan kegiatan pembelajaran. Siswa yang lain juga sudah mau bekerjasama dalam kelompok dengan anak tersebut.