Pelakasanaan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Praktik pembelajaran di sekolah dasar merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan praktik pembelajaran secara langsung di lapangan atau di Sekolah Dasar.  Pelaksanaan praktik pembelajaran di sekolah dasar yang menerapkan kurikulum 2013 adalah suatu bentuk implementasi  kurikulum 2013.  Praktik pembelajaran di SD merupakan salah satu media bagi mahasiswa untuk dapat mengaplikasikan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperoleh di Perguruan Tinggi. Mahasiswa  terjun secara langsung ke lapangan untuk mengetahui karakteristik peserta didik, permasalahan-permasalahan di kelas, menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, melakukan praktek pembelajaran dengan menerapkan beberapa strategi atau metode pembelajaran yang telah dipelajari, serta menerapkan inovasi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip kurikulum 2013.

Tujuan yang ingin dicapai pada pelaksanaan praktik ini antara lain: mahasiswa mampu menerapkan ilmu yang didapat selama perkuliahan disamping mendapatkan pengalaman langsung praktik pembelajaran, mahasiswa diberi kesempatan untuk memantapkan dan mengembangkan  kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial dalam rangka memperbaiki atau meningkatan mutu pembelajaran di kelas, mahasiswa dapat mengelola pembelajaran di kelas yang berorientasi pada kebutuhan peserta didik.

Lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan praktik pembelajaran adalah Sekolah Dasar  yang berada di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.  Pada pelaksanaan  program Praktik pembelajaran di SD praktikan melaksanakan praktik pembelajaran di SD Muhammadiyah Sapen  yang beralamat di Jl. Bimokurdo no 33 Demangan Gondokusuman Kota Yogyakarta.

Sebelum melakukan praktek di SD Muhammadiyah Sapen , dilakukan persiapan untuk menganalisis kebutuhan selama praktek pembelajaran. Persiapan pelaksanaan praktek pembelajaran yang dilakukan adalah melakukan observasi terhadap pembelajaran di SD Muhammadiyah Sapen, membuat SSP. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terlihat bahwa siswa kelas V Ibnu Sina sangat beragam. Ada 8 siswa memiliki sikap cenderung introvert (tidak mau terbuka). Ada 4 anak yang cenderung aktif secara fisik,  3  siswa cenderung memiliki watak mudah patah, pemarah, dan cengeng, , dan Siswa yang lain ada 19 sisiwa sudah bisa mandiri dan aktif dalam mengikuti pelajaran.

Berdasarkan hal di atas, maka praktikan memutuskan untuk menggunakan pembelajaran saintifik (Mengamati, Mencoba, Menanya, Menalar, dan mengkomunikasikan) dalam melaksanakan praktik pembelajaran di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pelaksanaan pembelajaran di kelas V Ibnu Sina dilaksanakan pada tanggal  2- 23 November 2016  pada tema 4.Sehat Itu Penting; subtema 3.Lingkungan Sehat;  berisi materi : Menaman  apotek hidup di lingkungan sekitarnya, Kewajiban siswa terhadap teman dan guru, kewajiban terhadap anggota keluarga, kewajiban terhadap lingkungan rumah dan sekolah, serta kewajiban terhadap Tuhan, Membaca bacaan dengan tema “Apotek Hidup” . Membuat laporan, siswa dapat mengetahui keterkaitan antara aktivitas manusia dengan kondisi geografis lingkungan sekitarnya. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang dilakukan, dapat dilihat bahwa siswa kelas V Ibnu Sina dapat berkolaborasi dengan teman-temannya, bersemangat dan termotivasi belajar tinggi . Siswa  yang biasa pasif ternyata sudah mau  ikut aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran. KARDIYO (15712259017)