Mengenal Dokumen Pribadi dan Dokumen Keluarga Bersama Siswa Kelas II Al Farabi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Mengenal Dokumen Pribadi dan Dokumen Keluarga

Bersama Siswa Kelas II Al Farabi SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta

Dokumen pribadi merupakan salah satu dokumen penting yang dimiliki oleh setiap orang. Tanpa adanya dokumen tersebut, kita akan merasa kesulitan. Dokumen mulai dikenalkan oleh siswa SD Kelas 2 pada pembelajaran Tema 3 mengenai Tugasku Sehari-Hari. Dalam tema 3 tersebut siswa mulai mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman

Saat melakukan proses pembelajaran, guru menggunakan metode discovery learning dimana metode ini menggunakan 6 langkah yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Pada awalnya, siswa dibagi perkelompok. Masing-masing kelompok sudah mempunyai satu dokumen yang harus mereka tuliskan informasi yang ada di dokumen tersebut. Setiap 10 menit, siswa secara bergantian pindah ke kelompok yang lain untuk melihat dokumen yang ada pada kelompok lain. Setelah semua kelompok menusliskan informasi tersebut, perwakilan dari masing-masing kelompok maju untuk mempresentasikan hasilnya.

Metode ini terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa karena melalui metode ini siswa menjadi aktif dalam kgiatan belajar. Mereka mengalami sendiri proses menemukan jawabannya sehingga hal ini akan membuat siswa menjadi lebih paham tentang dokumen. Selain itu membuat siswa merasa puas karena bisa menemukan sendiri jawabannya.